Di antara para pembaca
pengendara kendaraan bermotor yang sudah lama mengarungi dunia permotoran (kalau ada dunia yang namanya permotoran), pasti
pernah mengalami perasaan kalau isi bensin di pom bensin yang satu dengan yang
lain beda. Nah berikut ada tips untuk memilih pom bensin dan mengisi bensin
yang benar.
1. Untuk Anda yang di Jakarta, lebih baik isi di pom bensin
pertamina kode 31 atau (angka keduanya 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan
masing-masing. Dari mana Anda bisa mengetahuinya?
Pernah memperhatikan plang
nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf
31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan
kode wilayah. Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan. Kepala 3
berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Digit
kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4
berarti kepemilikan swasta atau dealer, jadi yang penting angka keduanya 1
tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah. Untuk
informasi, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias corporate
owner corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer operate. Terakhir
DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh
Pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding
DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena
ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalau boleh
menyarankan, lebih baik isi bensin di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya
1) karena quality control-nya cukup bagus. Beredar kabar juga dari
supir taksi dan orang-orang yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin
katanya yang kode 31 (angka keduanya 1) takarannya sesuai sedangkan yang 34
agak berbeda meskipun punya tanda "PASTI PAS".
Menurut banyak
orang juga kode pertamina 31 (angka keduanya 1) ternyata paling baik (kualitas
bensin) dibanding dengan yang kode 34.
Cara membuktikan: Coba bagi Anda
yang menggunakan mobil atau motor matic, pastinya akan terasa tarikan pada
kendaraan. Jika mengisi bensin di Pertamina dengan tanda kode 31 (angka
keduanya 1) akan terasa tarikan lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding
dengan diisi di pom dengan tanda kode lainnya. Coba Anda bandingkan jumlah
mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut. Pom bensin kode 31
(angka keduanya 1) pasti lebih ramai dibandingkan dengan yang kode 34. Coba
Anda isi 1 Liter bensin dipPom bensin 31 (angka keduanya 1) dan pom bensin 34,
lalu bandingkan dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang
mana yang lebih cepat habis). Cobaa Anda tanya pada supir angkot atau
supir taksi di mana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di
pom bensin 31 (angka keduanya 1) karena mereka juga banyak isi di pom bensin
31, tapi tidak berarti semua pom bensin kode 34 berbuat curang.
2. Tiap isi bensin,
perhatikan apakah tuas handle ditekan dan minta kepada petugasnya
tuas handle selang jangan ditekan tapi dilepas aja waktu sedang
melakukan pengisian.
Pernah nggak sewaktu Anda isi bensin,
tuas handle ditekan-tekan begitu sama petugasnya. Mungkin kita tidak
sadar karna kelihatan seperti sedang bersantai saja, tapi memang ada yang
berlaku seperti itu dengan modus tertentu, kenapa begitu? Karena banyak oknum
yang ‘nakal’ memainkan takaran bensin dengan cara seperti itu sehingga jumlah
bensin yang dialirkan ke kendaraan lebih sedikit dari yang seharusnya. Petugas
dan pom seperti ini harus ditindak dengan ketegasan pribadi kita, lebih baik
menegur petugasnya demi hak bagian kita dan perbaikan kualitas petugas
juga.
3. Isilah bensin waktu hari masih pagi ketika temperatur tanah
masih dingin
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.
Semakin dingin tanahnya, maka semakin padat atau kental bahan bakarnya. Jika
temperatur mulai panas atau hangat, maka bahan bakarnya akan
mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang
hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan Anda jelas
lebih sedikit dibanding jumlah liter yang Anda beli di amlam hari sesuai
semestinya. Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan
temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk
minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat
berpengaruh dalam bisnis ini, tetapi SPBU tidak memberikan Anda ganti rugi atau
kompensasi karena temperature.
4. Isi bensin saat tanki kendaraan anda
masih setengah penuh.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di
tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang
kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam
bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita
sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance
zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa
dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
5. Jangan isi bensin jika
ada truk bahan bakar sedang mengisi tanki penyimpanan
Hampir pasti bensin atau
solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki
penyimpanan SPBU dan kemungkinan akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan
yang teraduk naik dan ikut masuk ke tanki kendaraan Anda.
Bagaimanapun keputusan isi
bensin tetap ada di tangan para pengguna kendaraan bermotor, lebih baik isi di
pom bensin terdekat jika memang kendaraan sudah menunjukkan perlu bensin (untuk
jarak yang ditempuh) daripada mendorong motor atau kesulitan membeli bensin
dengan jerigen untuk dituang ke mobil. Setuju?
Artikel bertajuk serupa
sudah di-posting di beberapa sumber, sedangkan untuk yang di atas adalah
artikel dengan beberapa perubahan terkait pendapat dan struktur bahasa dari
http://forum.detik.com/ini-dia-tips-memilih-pom-bensin-yang-baik-t523376.html
0 komentar:
Posting Komentar