Pages

Sabtu, 13 April 2013

Memilih pom bensin dan mengisi bensin yang benar



Di antara para pembaca pengendara kendaraan bermotor yang sudah lama mengarungi dunia permotoran (kalau ada dunia yang namanya permotoran), pasti pernah mengalami perasaan kalau isi bensin di pom bensin yang satu dengan yang lain beda. Nah berikut ada tips untuk memilih pom bensin dan mengisi bensin yang benar.



1. Untuk Anda yang di Jakarta, lebih baik isi di pom bensin pertamina kode 31 atau (angka keduanya 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing. Dari mana Anda bisa mengetahuinya?
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah. Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan. Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer, jadi yang penting angka keduanya 1 tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah. Untuk informasi, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com

Karena dikendalikan oleh Pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalau boleh menyarankan, lebih baik isi bensin di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya cukup bagus. Beredar kabar juga dari supir taksi dan orang-orang yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (angka keduanya 1) takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda "PASTI PAS".

Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (angka keduanya 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.

Cara membuktikan: Coba bagi Anda yang menggunakan mobil atau motor matic, pastinya akan terasa tarikan pada kendaraan. Jika mengisi bensin di Pertamina dengan tanda kode 31 (angka keduanya 1) akan terasa tarikan lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan diisi di pom dengan tanda kode lainnya. Coba Anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut. Pom bensin kode 31 (angka keduanya 1) pasti lebih ramai dibandingkan dengan yang kode 34. Coba Anda isi 1 Liter bensin dipPom bensin 31 (angka keduanya 1) dan pom bensin 34, lalu bandingkan dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis). Cobaa Anda tanya pada supir angkot atau supir taksi di mana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (angka keduanya 1) karena mereka juga banyak isi di pom bensin 31, tapi tidak berarti semua pom bensin kode 34 berbuat curang.


2. Tiap isi bensin, perhatikan apakah tuas handle ditekan dan minta kepada petugasnya tuas handle selang jangan ditekan tapi dilepas aja waktu sedang melakukan pengisian. 
Pernah nggak sewaktu Anda isi bensin, tuas handle ditekan-tekan begitu sama petugasnya. Mungkin kita tidak sadar karna kelihatan seperti sedang bersantai saja, tapi memang ada yang berlaku seperti itu dengan modus tertentu, kenapa begitu? Karena banyak oknum yang ‘nakal’ memainkan takaran bensin dengan cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang dialirkan ke kendaraan lebih sedikit dari yang seharusnya. Petugas dan pom seperti ini harus ditindak dengan ketegasan pribadi kita, lebih baik menegur petugasnya demi hak bagian kita dan perbaikan kualitas petugas juga. 



3. Isilah bensin waktu hari masih pagi ketika temperatur tanah masih dingin
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya, maka semakin padat atau kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas atau hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan Anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang Anda beli di amlam hari sesuai semestinya. Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini, tetapi SPBU tidak memberikan Anda ganti rugi atau kompensasi karena temperature. 



4. Isi bensin saat tanki kendaraan anda masih setengah penuh.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.



5. Jangan isi bensin jika ada truk bahan bakar sedang mengisi tanki penyimpanan
Hampir pasti bensin atau solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU dan kemungkinan akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan ikut masuk ke tanki kendaraan Anda.

Bagaimanapun keputusan isi bensin tetap ada di tangan para pengguna kendaraan bermotor, lebih baik isi di pom bensin terdekat jika memang kendaraan sudah menunjukkan perlu bensin (untuk jarak yang ditempuh) daripada mendorong motor atau kesulitan membeli bensin dengan jerigen untuk dituang ke mobil. Setuju?

Artikel bertajuk serupa sudah di-posting di beberapa sumber, sedangkan untuk yang di atas adalah artikel dengan beberapa perubahan terkait pendapat dan struktur bahasa dari
http://forum.detik.com/ini-dia-tips-memilih-pom-bensin-yang-baik-t523376.html

0 komentar:

Posting Komentar